Absensi Siswa Dalam Bentuk Aplikasi Berbasis Excel

Berikut ini adalah absensi siswa dalam bentuk aplikasi berbasis excel dilengkapi dengan fitur grafik bulanan, semester dan tahunan untuk SD, SMP, SMA
Share it:
Absensi Siswa Dalam Bentuk Aplikasi Berbasis Excel

Absensi Siswa Dalam Bentuk Aplikasi Berbasis Excel

Absensi atau daftar hadir siswa merupakan salah satu bagian yang tak terlepaskan dari profesi guru. Dengan menggunakan absensi siswa setiap guru dapat menilai keaktifan siswa khususnya dalam kehadirannya mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Akan tetapi terkadang guru dibuat kerepotan dalam hal rekapitulasi atau penghitungan data kehadiran siswa secara manual. Terlebih jika jumlah kelas dan jumlah siswanya cukup banyak ditambah jam pertemuan yang juga tidak sedikit. Apalagi jika guru tersebut mengajar di sekolah lain juga.

Untuk itu, pada postingan kali ini saya akan mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan membagikan Absensi Siswa Dalam Bentuk Aplikasi Berbasis Excel dimana dengan aplikasi ini akan memudahkan Bapak Ibu guru dalam memeriksa tingkat kehadiran siswa baik secara perorangan/individu maupun secara keseluruhan siswa. Berikut ini fitur dan cara pengoprasiannya:
Lihat juga : Aplikasi Administrasi Guru Kelas Berbasis Excel Terbaru

Fitur :

1. Aplikasi ini berbasis excel dan hanya dapat dioperasikan pada komputer yang menggunakan operating system (OS) windows saja.
2. Absensi siswa pada aplikasi ini dapat disajikan sebagai soft copy (digital) maupun hard copy (dicetak).
3. Semua data yang diproses akan disajikan secara otomatis
4. Dapat digunakan untuk semester 1 dan semester 2
5. Fitur Grafik (Grafik bulanan, semester, dan tahunan)

Cara pengoperasian :

1. Karena aplikasi absensi ini menyajikan data otomatis, maka guru cukup mengedit data-data yang diperlukan saja. Contoh; Nama sekolah, nama siswa, tanggal pertemuan dll.
2. Untuk menjalankan aplikasi ini tentu sangat mudah karena bapak ibu juga tentunya sudah familiar dengan yang namanya microsoft office excel, cukup klik kolom dibawah tanggal pertemuan dengan keterangan yang akan dipilih seperti Hadir, Alpa, Izin dan Sakit.
3. Piilih salah satu keterangan tersebut sesuai dengan keadaan absennya siswa dan semua data akan direkap secara otomatis.

Itulah sedikit gambaran dari saya mengenai aplikasi absensi siswa, selengkapnya dapat Bapak Ibu ketahui setelah mengunduhnya. Silakan unduh secara gratis dan edit kembali bagian-bagian yang diperlukan sesuai kebutuhan. Berikut link unduhannya:

Download link:

Demikianlah postingan saya kali ini yang membahas mengenai Absensi Siswa Dalam Bentuk Aplikasi Berbasis Excel. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa membantu Bapak Ibu guru baik dalam pengolahan maupun rekapitulasi data kehadiran siswa. Atas waktu dan kunjungannya saya ucapkan banyak terimakasih.

Sumber referensi : http://www.atirta13.com/2016/03/aplikasi-absensi-siswa-plus-grafik.html

Download juga: 
Share it:

Absensi Siswa

Administrasi Guru

Administrasi Sekolah

Administrasi Wali Kelas

Aplikasi

Download

Microsoft Excel

SD

SMA

SMP

Post A Comment:

0 comments: